Prudential Dikabarkan akan Ambil Alih Bisnis AIG di Asia

Prudential Dikabarkan akan Ambil Alih Bisnis AIG di Asia

London – Perusahaan asuransi Inggris, Prudential dikabarkan akan membeli unit bisnis AIG di Asia. Untuk itu, Prudential tengah melakukan pembicaraan dengan 2 investor strategis untuk pelepasan 20 persen sahamnya.

Dana yang diperoleh dari penjualan 20 persen sahamnya itu diharapkan bisa membantu kebutuhan dana untuk membeli unit bisnis AIG di Asia yang mencapai 8,6 miliar poundsterling (US$ 14,93 miliar).

Menurut laporan Sunday Times dan dikutip dari Reuters, Senin (20/10/2008), Prudential sudah menunjuk UBS dan Credit Suisse untuk menjadi penasihat. Prudential kini sedang melakukan negosiasi dengan lembaga pendanaan dari Timur Tengah dan China.

Chief Executive Prudential menurut harian tersebut dikabarkan sudah melakukan pembicaraan dengan AIG sejak pekan lalu. Sayangnya, juru bicara Prudential belum bersedia memberikan komentarnya.

Bulan lalu, pemerintah AS memutuskan untuk menyelamatkan raksasa asuransi AIG melalui bailout senilai US$ 85 miliar, dan selanjutnya menambah utangan hingga US$ 123 miliar.

AIG selanjutnya memangkas unit-unit bisnisnya, dengan mempertahankan bisnis asuransi jiwa dan umumnya. Sementara operasi yang tidak sesuai dengan bisnis intinya akan dilepas untuk menutupi talangan dana pemerintah AS senilai US$ 61 miliar saat AIG nyaris bangkrut.

Di Indonesia, AIG memiliki 3 kelompok usaha yaitu PT Asuransi AIA Indonesia, PT Asuransi AIU Indonesia dan PT AIG LIFE. Ketiga perusahaan memiliki total  aset sebesar Rp 17 triliun dan ekuitas sebesar Rp 2,8 triliun.(disadur dari Detik.com)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s